Selasa, 25 Maret 2014

Lay Out

Definisi Layout

Layout adalah dimana tempat xml untuk memerintahkan atau membangun sebuah "layout" untuk sebuah tampilan pada android.

Pada saat kita membuat project baru, maka di sisi kiri Eclipse dapat kita lihat Package Explorer yang berisi file yang ada dalam folder project kita. Di dalam folder “src” akan ada file *.java yang akan menjadi tempat kita melakukan programming. Lalu di folder “res” akan ada resource-resource yang dapat kita gunakan. Resource ini dapat berupa file, gambar, ataupun xml untuk menyimpan value maupun layout.

Untuk di Android, kita melakukan programming untuk interface dalam sebuah Activity, bentuk dasar dari coding Activity:


Secara umum, layout Android ada 4 jenis yaitu:

1. LinearLayout 
Linear Layout yaitu tampilan dimana user hanya menempatkan 1(satu) widget per baris/kolom. Jika ingin 1 widget/baris, maka harus menggunakan orientation: vertical, dan jika 1 widget/kolom harus menggunakan orientation : horizontal

Contoh hasil dari tampilan LinearLayout adalah sebagai berikut :


2. RelativeLayout 
RelativeLayout adalah tampilan dimana user dapat menempatkan widget-widget didalamnya seperti layer, sehingga sebuah widget dapat berada di atas/di bawah widget lainnya. Layout ini biasanya berguna untuk membuat tampilan yang lebih universal sehingga dapat dibuka dengan baik di segala resolusi ponsel Android.



Contoh dari RelativeLayout adalah sebagai berikut:



3. AbsoluteLayout 
AbsoluteLayout adalah tampilan dimana kita dapat memasukkan posisi x dan y dari widget yang ada di dalamnya secara pasti sehingga penempatan posisi dapat ditentukan secara pasti.


contoh dari penggunaan AbsoluteLayout adalah sebagai berikut:




4. Frame Layout 
Frame Layout merupakan tampilan dimana widget-widget di dalamnya akan saling menumpuk satu sama lain. Bedanya antara layout ini dengan RelativeLayout adalah jika di RelativeLayout, kita dapat menempatkan sebuat widget posisinya di sebelah kanan/kiri/atas/bawah, sedangkan pada FrameLayout, widget yang ditulis lebih akhir akan diletakkan di DEPAN widget sebelumnya, sehingga akan menutupi kecuali jika warnanya transparan.



 Contoh dari tampilan FrameLayout adalah sebagai berikut:





sumber : http://danielhace.wordpress.com/2011/03/31/android-layout/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar